Tinjauan Teori Tentang Sanitasi Hotel


A. Definisi Hotel
Kata hotel berasal dari Perancis, yaitu “hostel”, yang berarti rumah penginapan bagi orang – orang yang sedang mengadakan perjalanan atau berpergian. Dalam perkembangannya  hotel di definisikan sebagai berikut :
1. Hotel adalah bentuk bangunan yang menyediakan kamar – kamar untuk menginap para tamu, makanan dan minuman, serta fasilitas – fasilitas lain yang diperlukan, dan dikelola secara secara profesional untuk mendapatkan keuntungan.
2. Hotel adalah salah satu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan berikut makanan dan minuman 
(SK Menteri Perumahan No. Pm. 10/Pw. 301/Phb. 77).
3. Hotel adalah sebuah gedung yang digunakan untuk tempat penginapan untuk tujuan komersial dan menyediakan jasa pelayanan secara profesional bagi para tamu termasuk penyediaan makanan, minuman dan fasilitas lainnya.
(Toermudzi, 2000 )
4. Hotel adalah suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyediaan makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu. Pengertian hotel ini dapat disimpulkan dari beberapa definisi hotel seperti tersebut di bawah ini :
a. Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil (Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987)
b. Bangunan yang dikelola secara komersil dengan memberikan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan fasilitas sebagai berikut :
1) Jasa penginapan
2) Pelayanan makanan dan minuman
3) Pelayanan barang bawaan
4) Pencucian pakaian
5) Penggunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya.
(Endar Sri,1996:8)
c. Sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran (Lawson, 1976:27)
B. Karakteristik Hotel
Perbedaan antara hotel dengan industri lainnya adalah :
1. Industri hotel tergolong industri yang padat modal serta padat karya yang artinya dalam pengelolaannya memerlukan modal usaha yang besar dengan tenaga pekerja yang banyak pula.
2. Dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel tersebut berada.
3. Menghasilkan dan memasarkan produknya bersamaan dengan tempat dimana jasa pelayanannya dihasilkan.
4. Beroperasi selama 24 jam sehari, tanpa adanya hari libur dalam pelayanan jasa terhadap pelanggan hotel dan masyarakat pada umumnya.
5. Memperlakukan pelanggan seperti raja selain juga memperlakukan pelanggan sebagai partner dalam usaha karena jasa pelayanan hotel sangat tergantung pada banyaknya pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel tersebut.
C. Jenis Hotel
Penentuan jenis hotel tidak terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat khas yang dimiliki wisatawan (Tarmoezi, 2000) :
Berdasarkan hal tersebut, dapat dilihat dari lokasi dimana hotel tersebut dibangun, sehingga dikelompokkan menjadi :
1. City Hotel
Hotel yang berlokasi di perkotaan, biasanya diperuntukkan bagi masyarakat yang bermaksud untuk tinggal sementara (dalam jangka waktu pendek). City Hotel disebut juga sebagai transit hotel karena biasanya dihuni oleh para pelaku bisnis yang memanfaatkan fasilitas dan pelayanan bisnis yang disediakan oleh hotel tersebut.
2. Residential Hotel
Hotel yang berlokasi di daerah pinngiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah mencapai tempat-tempat kegiatan usaha. Hotel ini berlokasi di daerah-daerah tenang, terutama karena diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu lama. Dengan sendirinya hotel ini diperlengkapi dengan fasilitas tempat tinggal yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.
3. Resort Hotel
Hotel yang berlokasi di daerah pengunungan (mountain hotel) atau di tepi pantai (beach hotel), di tepi danau atau di tepi aliran sungai. Hotel seperti ini terutama diperuntukkan bagi keluarga yang ingin beristirahat pada hari-hari libur atau bagi mereka yang ingin berekreasi.
4. Motel (Motor Hotel)
Hotel yang berlokasi di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungan satu kota dengan kota besar lainnya, atau di pinggiran jalan raya dekat dengan pintu gerbang atau batas kota besar. Hotel ini diperuntukkan sebagai tempat istirahat sementara bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sendiri. Oleh karena itu hotel ini menyediakan fasilitas garasi untuk mobil.
D. Klasifikasi Hotel
Hotel dapat dikelompokkan ke dalam berbagai kriteria menurut kebutuhannya, namun ada beberapa kriteria yang dianggap paling lazim digunakan. Sistem klasifikasi atau penggolongan hotel di dunia berbeda antara negara yang satu dengan negara yang lainnya.
Sebagai contoh, klasifikasi hotel di negara tertentu antara lain :
§ Republik Rakyat Cina (RRC) mempergunakan klasifikasi :
Tourist Class, Standard dan Superclass Hotel
§ Bulgaria, Columbia, Equador, Syria, Quwait, mempergunakan klasifikasi : Hotel kelas 3, 2, 1 dan Deluxe
§ Yunani menggunakan klasifikasi : Hotel kelas A, B, C, D, E
Di Indonesia pada tahun 1970 oleh pemerintah menentukan klasifikasi hotel berdasarkan penilaian-penilaian tertentu sebagai berikut :
 Luas Bangunan
 Bentuk Bangunan
 Perlengkapan (fasilitas)
 Mutu Pelayanan
Namun pada tahun 1977 ternyata sistem klasifikasi yang telah ditetapkan tersebut dianggap tidak sesuai lagi. Maka dengan Surat Keputusan Menteri Perhubungan No. PM.10/PW. 301/Pdb – 77 tentang usaha dan klasifikasi hotel, ditetapkan bahwa penilaian klasifikasi hotel secara minimum didasarkan pada :
 Jumlah Kamar
 Fasilitas
 Peralatan yang tersedia
 Mutu Pelayanan
Berdasarkan pada penilaian tersebut, hotel-hotel di Indonesia kemudian digolongkan ke dalam 5 (lima) kelas hotel, yaitu : 
 Hotel Bintang 1 (*)
 Hotel Bintang 2 (**)
 Hotel Bintang 3 (***)
 Hotel Bintang 4 (****)
 Hotel Bintang 5 (*****)
Hotel-hotel yang tidak bisa memenuhi standar kelima kelas tersebut, ataupun yang berada di bawah standar minimum yang ditentukan oleh Menteri Perhubungan disebut Hotel Non Bintang.
Tujuan umum daripada penggolongan kelas hotel adalah :
· Untuk menjadi pedoman teknis bagi calon investor (penanam modal) di bidang usaha perhotelan.
· Agar calon penghuni hotel dapat mengetahui fasilitas dan pelayanan yang akan diperoleh di suatu hotel, sesuai dengan golongan kelasnya.
· Agar tercipta persaingan (kompetisi) yang sehat antara pengusahaan hotel.
· Agar tercipta keseimbangan antara permintaan (demand) dan penawaran (supply) dalam usaha akomodasi hotel.
Pada tahun 1970-an sampai dengan tahun 2001, penggolongan kelas hotel bintang 1 sampai dengan bintang 5 lebih mengarah ke aspek bangunannya seperti luas bangunan, jumlah kamar dan fasilitas penunjang hotel dengan bobot penilaian yang tinggi. Tetapi sejak tahun 2002 berdasarkan Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No. KM 3/HK 001/MKP 02 tentang penggolongan kelas hotel, bobot penilaian aspek mutu pelayanan lebih tinggi dibandingkan dengan aspek fasilitas bangunannya.
Walaupun demikian seorang perencana dan perancang bangunan yang ingin membuat sebuah Hotel khususnya Hotel Ressort dapat mengacu pada Ketentuan dan Kriteria  Klasifikasi Hotel Prinsip Hotel Resort , Studi Kasus : Putri Duyung Cottage , Ancol, Jakarta Utara 52 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pariwisata tahun 1995. Akan tetapi untuk jumlah kamar tidak diharuskan sesuai dengan golongan kelas hotel asalkan seimbang dengan fasilitas penunjang serta seimbang antara pendapatan dan pengeluaran dari hotel tersebut. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor. KM 3/HK 001/MKP/02.
Adapun kategori pengklasifikasian hotel yang digunakan adalah berdasarkan besarnya hotel (hotel size), pemakai jasa hotel (target market), mutu pelayanan (level of service), dan cara kepemilikannya (ownership)
Masing-masing kategori untuk pengklasifikasian hotel adalah sebagai berikut :
1. Berdasarkan Besarnya Hotel (Hotel Size)
Secara umum, hotel dapat dikategorikan berdasarkan besarnya hotel yang bersangkutan, yakni berdasakan besarnya kamar yang dimiliki. Pengklasifikasian hotel berdasarkan kategori ini dibagi atas empat yakni :
a. Hotel yang memiliki jumlah kamar tidak lebih dari 150 kamar.
b. Hotel yang memiliki jumlah kamar antara 150 hingga 299 kamar.
c. Hotel yang memiliki jumlah kamar antara 300 hingga 600 kamar.
d. Hotel yang memiliki jumlah kamar lebih dari 600 kamar.
2. Berdasarkan Pemakai Jasa Hotel (Hotel Target Market)
Banyak jenis hotel berdasarkan kategori pemakai jasa hotel. Hotel yang paling umum adalah : commercial hotel, airport hotel, suite hotel, residential hotel, resort hotel, bed and breakfast hotel, time-share hotel, casino hotel, dan conference center hotel.
Masing-masing hotel dalam kategori tersebut adalah sebagai berikut :
a. Commercial hotel (hotel bisnis)
Commercial Hotel adalah hotel yang diperuntukkan khusus bagi para usahawan. Jenis hotel ini biasanya berlokasi di pusat kota atau daerah bisnis. Walaupun jenis hotel ini diperuntukkan bagi para usahawan, namun banyak juga group pelancong atau pelancong pribadi yang tertarik di hotel ini. Jenis hotel ini memberikan service kepada para tamu dengan menyediakan surat kabar secara cuma-cuma, kopi untuk sarapan pagi, telepon lokal gratis, pesawat televisi di kamar tamu. Selain itu juga tersedia mobil sewaan, jemputan airport-hotel, coffe shop, dining room, cocktail lounges. Pada umumnya hotel jenis ini menyediakan beberapa ruang pertemuan, laundry-valet service, retail store, gift shops, swimming pool, health club, sauna dan jogging area.
b. Airport Hotel
Airport Hotel merupakan hotel yang digemari oleh para tamu karena dekat dengan pusat perjalanan seperti pelabuhan udara. Airport hotel mempunyai kelebihan dari hotel lainnya karena hotel jenis ini terdiri atas berbagai tipe dalam ukuran besar dan pelayanannya. Hotel ini menjadi pilihan penginapan para tamu usahawan, penumpang pesawat terbang yang tiba kemalaman di airport daerah/ Negara tujuan atau yang mengalami penundaan penerbangan, dan para awak  pesawat terbang. Hotel ini juga mengoperasikan limosin atau angkutan yang nyaman untuk mengangkut para tamu dari lapangan terbang ke hotel.
c. Suite Hotel
Suite Hotel merupakan usaha perhotelan yang sangat pesat perkembangannya. Jenis hotel ini mempunyai kamar dengan cirri tersendiri karena kamar tidur yang terpisah dari ruang tamu. Jenis hotel ini jauh dari keramaian umum dan hanya menampung lebih sedikit tamu dibanding hotel lainnya, sehingga tarifnya kompetitif.

d. Residential Hotel
Residential Hotel hampir mirip dengan suite hotel karena jenis hotel ini mempunyai kamar tidur, ruang tamu dan dapur kecil. Jenis hotel ini biasanya disewa lebih lama. System penyewaan hotel ini menawarkan dua pilihan, yakni tamu bisa menyewa hanya gedungnya saja tanpa pelayanan atau menyewa gedung tanpa service, seperti servive tata graham, telepon, bell boy, dll. Seperti yang ditawarkan oleh hotel bisnis pada umumnya.

e. Resort Hotel
Resort Hotel berbeda dengan hotel lainnya. Jenis hotel ini menjadi pilihan orang yang akan berlibur. Para tamu hotel ini biasanya menginap lebih lama dari pada tamu di hotel lainnya. Hotel ini memiliki ciri khusus dengan pemandangan indah, dan kegiatan yang menyenangkan seperti menari, bermain golf, tennis, menunggang kuda, dan lain-lain.
f. Bed and Breakfast Hotel
Bed and breakfast Hotel sering juga disebut B&B Hotel. Jenis ini bervariasi bentuknya, mulai dari bentuk rumah yang terdiri atas beberapa kamar yang dilengkapi dengan fasilitas penginapan hingga bentuk gedung kecil yang memiliki 20 hingga 30 kamar tidur. Hotel ini menyuguhkan sarapan kepada tamu mulai dari sarapan yang disebut “simple continental breakfast” hingga “full cours meal” dengan pelayanan yang intim.
g. Time-share Hotel
Time-share Hotel atau Kondominium merupakan pengembangan usaha perhotelan dimana suatu gedung yang dimiliki oleh perseorangan atau perusahaan yang membentuk suatu asosiasi dan menyewa jasa perusahaan manajemen untuk mengoperasikan gedung tersebut menjadi hotel. Tamu tidak mengetahui kalau gedung itu merupakan kondominium karena gedung itu dioperasikan sebagai hotel. Jenis hotel ini biasanya memiliki kamar tidur, ruang tamu, ruang makan dan dapur. Jenis hotel ini khususnya populer di daerah pesisir.
h. Casino Hotel
Casino Hotel merupakan hotel yang dilengkapi dengan fasilitas judi. Namun demikian hotel ini memiliki kamar yang mewah, makanan, beverage, dan pelayanan yang mewah juga mendukung pengoperasian perjudian di hotel itu.
Casino hotel memikat para tamu dengan mempromosikan fasilitas permainan judi dan hiburan yang mereka miliki. Kegiatan judi dan hiburan di hotel ini berlangsung 24 jam sehari, 365 hari setahun.
i. Conference Center Hotel
Conference Center Hotel merupakan hotel yang dirancang untuk menengani grup yang mengadakan pertemuan. Pada umumnya hotel ini menyediakan akomodasi, namun tujuan utama hotel ini adalah untuk memberikan pelayanan yang mendukung keberhasilan penyelenggaraan pertemuan dengan menyediakan peralatan audiovisual dan sound sistem dan teknisinya, meja dan kursi yang menyenangkan dan sebagainnya.
Jenis hotel ini biasanya berlokasi diluar kota dan menyediakan fasilitas untuk bersenang-senang seperti lapangan golf, kolam renang di dalam dan di luar gedung, dll. System pembayaran di hotel ini biasanya dikenakan biaya per kepala/ orang untuk penggunaan fasilitas yang dimiliki hotel tersebut.
3. Berdasarkan Mutu Pelayanan (Levels Of Service)
Mutu pelayanan merupakan suatu alat ukur atas hotel yang memberikan jasa kepada tamu. Mutu yang disuguhkan oleh hotel tidak tergantung pada tipe atau ukluran besarnya gedung yang dimilikinya. Mutu pelayanan biasanya tergantung harga kamar.
Ada tiga dasar mutu pelayanan yaitu : World-class service, mid-range service, dan economy limited service.
a. World-Class Service
Hotel yang menawarkan servis/ pelayanan kelas dunia (world-class service) terutama untuk memikat para usahawan eksekutif kelas tinggi, artis kelas tinggi, politis kelas tinggi, dan orang kaya raya. Jenis hotel ini menyediakan restaurant dan lounge kelas tinggi, dekorasi yang sangat indah, ruang pertemuan mewah, dan ruang makan pribadi. Juga menyediakan handuk mandi, sabun, sampo, shower, radio jam yang mewah dan hiasan, dekorasi, karya-karya seni yang berkualitas tinggi di kamar tamu. Kebutuhan kamar mandi diganti dua kali sehari. Bahan bacaan seperti majalah dan surat kabar disediakan di setiap kamar setiap hari.
Pada bagian lobby hotel yang menyuguhkan servis kelas dunia di tata rapi dengan dekorasi indah. Beberapa outlet untuk makanan dan beverage disediakan untuk memikat selera tamu dan pengunjung. Dan juga berbagai toko atau stand, seperti news stand, gift shop, clothing shop, jeweler, dan retail shop lainnya.

b. Mid-Range Service
Hotel yang menawarkan servis kelas menengah (mid-range service) diperuntukkan bagi sebagian besar pelancong umum. Mutu servis yang disuguhkan jenis hotel ini sederhana tapi menyenangkan. Hotel ini menyediakan restaurant, coffe shop, dan lounge yang bisa memikat para tamu dan pengunjung hotel. Hotel ini kadang-kadang memberikan diskon bagi tamu yang sudah sering menginap, rombongan, dan tamu keluarga.
c. Economy/ Limited Service
Hotel kelas ekonomi (ekonomi service) merupakan industri perhotelan yang sedang berkembang. Hotel ini memberikan layanan yang mengutamakan kebersihan, kenikmatan dan kamar dan ruang pertemuan yang relative murah yang menjadi kebutuhan dasar para tamu. Hotel jenis ini dilengkapi dengan fasilitas pesawat televisi sederhana, kolam renang, makanan, dan beverage yang terbatas, ruang pertemuan kecil, dll.
  
4. Berdasarkan Cara Kepemilikan (Ownership
Berdasarkan sistim ini, hotel dapat dibagi atas :
a. Independent Hotel
Hotel independen (Independent Hotel) adalah hotel yang tidak memiliki kerja sama kepemilikan ataupun manajemen dengan hotel lain. Hotel ini tidak memiliki hubungan dengan hotel lain dalam hal kebijakan, prosedur, ataupun obligasi financial. Akan tetapi banyak pemilik hotel independen menjadikan hotelnya berdasarkan perseroan guna mengurangi resiko dan tanggung jawab pribadi.
b. Parent Company
Parent Company Hotel adalah hotel yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan multi uni. Hotel yang bersangkutan menggunakan nama yang sama dengan hotel atau perusahaan induknya, dan pimpinannya bertanggung jawab kepada pimpinan kantor pusat. Kantor pusat menentukan standar dan prosedur pengoperasian untuk seluruh hotel yang berantai.

c. Management Contact
Bentuk lain daripada organisasi hotel berantai adalah pengoperasian hotel yang dimiliki oleh sekelompok usahawan yang bergerak dibidang industri perhotelan dan bekerja sama dengan pemilik modal besar, dan setelah suatu hotel didirikan mereka mengontrak manajemen hotel professional dari afiliasi hotel berantai untuk mengoperasikannya selama waktu yang disepakati bersama.
d. Franchise And Referral Group
Di antara hotel-hotel terbaik yang ada sekarang ini adalah hotel-hotel yang termasuk dalam grup referral dan franchise. Hotel-hotel yang termasuk dalam grup ini dapat ditemukan dihampir berbagai kota besar dan bahkan di daerah pesisir.
E. Kamar Hotel
Kegiatan utama sebuah hotel adalah menjual kamar. Boleh dikatakan bahwa pemasukan (income) sebuah hotel adalah terutama adalah hasil dari sebuah kamar, dan penyewaan ruang untuk pertemuan (banquest), restoran serta fasilitas lainnya.
Jenis Kamar
Jenis kamar sebuah hotel ditentukan berdasarkan tipe kamar dan tata letak dan kegunaannya.
1. Tipe Kamar (Room Type)
Tipe kamar hotel ditentukan berdasarkan fasilitas kamar sebagai berikut :
a. Kamar Tunggal (Single Room) - Sebuah kamar dimana di dalamnya disediakan sebuah tempat tidur untuk satu orang tamu penghuni.
b. Kamar Ganda (Double Room) – Sebuah kamar dimana di dalamnya disediakan sebuah tempat tidur besar untuk dua orang tamu penghuni, atau dua tempat tidur sedang untuk dua orang penghuni.
c. Kamar Extra Tempat Tidur (Triple Room) – Sebuah kamar dimana di dalamnya disediakan tempat tidur besar (double bed)  ditambah satu tempat tidur tambahan (extra bed).
d. Kamar Suit (Suite Room) – Sebuah kamar yang terdiri dari satu kamar tidur yang disediakan satu tempat tidur besar dan satu ruang tamu.
e. Kamar Eksekutif Suit (Suit Executive Room) – Sebuah kamar yang terdiri dari dua kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dan dapur kecil.
f. Kamar Presiden Suit (Presidential Suit) – Sebuah kamar yang terdiri dari tiga kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, ruang rapat, dan dapur kecil.
2. Menurut Letak dan Kegunaannya
a. Connecting Room – Dua kamar yang berdampingan yang dihubungkan dengan pintu penghubung (connecting door) sehingga penghuninya tidak perlu ke corridor bila ingin ke kamar lainnya.
b. Ajoining Room – Dua kamar yang berdampingan tetapi tidak diberi pintu penghubung, tamu penghuni harus keluar melalui corridor bila ke kamar lainnya.
c. Inside Room – Kamar yang menghadap ke bagian belakang hotel (facing the back of the hotel).
d. Outside Room – Kamar yang menghadap ke jalan raya atau yang menghadap ke bagian depan hotel (facing the font side of the hotel).
e. House Use Room – Kamar yang digunakan oleh staf hotel untuk tempat tinggal dalam waktu tertentu karena dinas.
f. Chartered Room – Kamar yang disewa tamu untuk tempat tinggal dalam jangka waktu lama, dengan perjanjian khusus mengenai penyewaan kamar tersebut.
g. Mock of Room – Kamar yang dijadikan contoh untuk diperlihatkan kepada tamu yang ingin mengetahui fasilitas dan kondisi kamar.
h. Blocked Room – Kamar yang diblok karena sudah dipesan oleh tamu dengan jaminan dan tidak dapat disewakan lagi kepada tamu lainnya dalam waktu tertentu.
F. Harga Kamar (Room Rate)
Harga kamar dari satu hotel dengan hotel lainnya adalah berbeda. Harga kamar sebuah kamar ditentukan berdasarkan luas dan kwalitas kamar, fasilitas, keadaan lokasi serta servis atau pelayanan yang diberikan kepada tamu hotel.
Macam harga hotel adalah sebagai berikut :
1. Harga Dasar (Published Rate)
Harga Dasar (Published Rate) kamar adalah harga yang telah ditentukan oleh managemen hotel dan dicetak pada daftar lembaran harga kamar hotel.
2. Harga Paket (Package Rate)
Harga Paket (Package Rate) adalah harga sewa kamar dan termasuk makan seperti makan pagi, makan siang, dan makan malam atau sekali makan, misalnya makan pagi saja dan fasilitas lainnya yang diberikan oleh hotel untuk memikat tamunya.
3. Harga Perorangan (Individual Rate)
Harga Perorangan (Individual Rate) adalah harga kamar ditentukan berdasarkan jumlah tamu yang akan menginap pada satu kamar. Harga kamar yang dihuni oleh satu orang tamu akan berbeda dengan harga kamar yang di huni oleh dua orang tamu.
4. Harga Perusahaan (Company Rate)
Sebut harga kamar yang mendapat potongan khusus bial kamar tersebut dipesan oleh sebuah perusahaan yang telah mengadakan ikatan perjanjian kerja sama antara periusahaan yang memesan kamar dengan pihak hotel.
5. Harga Biro Perjalanan (Travel Agency Rate)
Biro perjalanan yang telah mengadakan ikatan perjanjian dengan pihak hotel dapat memesan kamar untuk para pemakai jasa perusahaan perjalanan dengan harga khusus yang telah ditentukan berdasarkan perjanjian yang telah ditetapkan oleh kedua belah pihak. Perusahaan biro perjalanan menjual voucher kepada pemakai jasa biro perjalanan yang memesan kamar melalui mereka.
6. Harga Perusahaan Penerbangan (Airlines Rate)
Harga kamar diberikan dengan potongan khusus kepada awak atau karyawan perusahaan penerbangan yang telah mengadakan ikatan perjanjian kerja sama antara perusahaan tersebut dengan pihak hotel.
7. Harga  Keluarga (Family Rate)
Harga kamar khusus yang diberikan kepada tamu satu keluarga yang membawa anak di bwah umur 12 tahun tidak dikenakan biaya tambahan dengan syarat si anak bersama orang tuanya pada satu tempat tidur. Bila si anak pisah dari orangtuanya dengan menggunakan tempat tidur tambahan maka  akan dikenakan biaya tambahan.
8. Harga Rombongan (Group Rtate)
Harga kamar khusus yang diberikan kepada tamu rombongan (group) yang berjumlah lebih dari 7 orang atau pemesan lebih dari 5 kamar.
9. Harga Kamar yang Hanya Digunakan Beberapa Jam (Day Use Rate atau Transit Rate)
Harga kamar yang diberikan secara khusus untuk tamu yang menggunakan kamar hanya beberapa jam saja untuk istirahat atau menunggu keberangkatan pesawatnya di siang hari.
10. Harga Akhir Minggu (Weekend Rate)
Harga kamar yang diberikan secara khusus untuk para tamu pada saat liburan di akhir minggu (Jum’at, Sabtu dan Minggu)
11. Harga Waktu Tertentu (Seasonal Rate
Harga kamar yang diberikan potongan secara khusus pada waktu tertentu, seperti pada hari besar : lebaran, imlek, natal dan tahun baru.
G. Kedudukan Housekeeping Departement di dalam Suatu Hotel
Housekeeping berasal dari kata house yang berarti rumah dan keeping (to keep) yang berate memelihara, merawat, atau menjaga. House keeper adalah orang yang bertugas menjaga, merawat, serta memelihara “rumah” yang dalam hal ini adalah hotel.
Peran Housekeeping Departement dijadikan satu dengan Front Offise Departement, menjadi Room Keeping department dengan Front Office department sangat erat.
Housekeeping Departement mempunyai tugas dan tanggung jawab atas kebersihan, kerapian, keindahan,dan kenyamanan seluruh areal hotel, baik yang ada di dalam gedung maupun yang ada di luar gedung. Begitu besar peran housekeeping Departement di dalam hotel operation karena sebagian besar penghasilan hotel diperoleh dari penjualan kamar – kamar yang dikelola oleh housekeeping department ini.
Perlu diingat bahwa maju mundurnya suatu hotel sangat dipengaruhi oleh banyak sedikitnya tamu yang menginap di hotel tersebut. Apabila tamu yang menginap tidak menerima pelayanan yang memuaskan bahkan kecewa atau marah (complaint), maka tidak menutup kemungkinan bahwa tamu tersebut akan menceritakan kekecewaannya kepada orang lain sehingga akan memperkecil jumlah tamu yang datang ke hotel, yang akibatnya akan memperkecil pemasukan hotel tersebut. Padahal untuk menghidupi seluruh karyawn yang ada serta pemeliharaan atau perawatan baik gedung atau fasilitas lain memerlukan banyak biaya.
H. Persyaratan Kesehatan Lingkungan dan Bangunan Hotel 
Kesehatan lingkungan hotel atau motel sebagai bangunan untuk umum, perlu diperhatikan. Mulai dari kualitas bangunan, utilitas, peralatan/ sarana, suplai makanan, kesehatan pekerja, kamar mandi, sampai pada buangannya dan desnifeksi tempat atau barang-barang bekas pakai orang sebelum dapat dipergunakan oleh orang lain.
1. Umum 
a. Lingkungan dan bangunan hotel selalu dalam keadaan bersih
b. Lingkungan dan konstruksi bangunan hotel tidak memungkinkan sebagai tempat bersarang dan berkembang biaknya serangga dan bintang pengerat
c. Bangunan hotel harus kuat, utuh dan dapat mencegah penularan penyakit serta kecelakaan
2. Tata Ruang
Pembagian ruang hotel harus ditata dan dipergunakan sesuai dengan fungsinya, serta memenuhi persyaratan kesehatan.
1. Kontruksi
a. Lantai
1) Terbuat dari bahan yang kuat, kedap air, permukaan rata, tidak licin dan mudah dibersihkan
2) Lantai yang selalu kontak dengan air harus mempunyai kemiringan yang cukup ( 2-3 persen ) kea rah saluran  pembuangan air limbah
b. Dinding
1) Permukaan dinding sebelah dalam harus mudah dibersihkan 
2) Permukaan dinding yang selalu terkena percikan air harus terbuat dari bahan yang kuat  dan kedap air
c. Ventilasi 
1) Ventilasi dapat menjamin peredaran udara didalam kamar / ruang dengan baik
2) Bila ventilasi alam tidak memenuhi persyaratan harus dilengkapi dengan ventalasi mekanis
d. Atap
Tidak bocor dan tidak memungkinkan terjadinya genangan air
e. Langit – langit 
1) Mudah dibersihkan 
2) Tinggi minimal 2,5 meter dari lantai
f. Pintu
Dapat mencegah masuknya serangga, tikus dan binatang pengganggu lain
g. Pencahayaan
Didalam lingkungan hotel dan disetiap kamar/ruang harus tersedia sarana pencahayaan dengan intensitas berdasarkan fungsinya sebagaimana tercantum dalam table berikut ini :
No.
Fungsi Kamar/ Ruang
Intensitas Cahaya (lux)
Keterangan
 1
Tidur
Kurang dari 5
Secara keseluruhan tidak menimbulkan silau
2
Relaks
Minimal 30
3
Bercakap-cakap
Minimal 30
4
Membaca
Lebih dari 100
Lebih dari 200
5
Untuk kegiatan yang memerlukan sedikit ketelitian 
Lebih dari 300
6
Untuk kegiatan dengan resiko kecelakaan tinggi
Lebih dari 500
I. Persyaratan Kesehatan Kamar / Ruang Hotel
1. Umum
Setiap kamar/ruang hotel harus :
a. Selalu dalam keadaan bersih
b. Tersedia tempat sampah yang cukup 
c. Bebas dari gangguan serangga dan tikus
d. Udara di dalam kamar/ruang harus memenuhi persyaratan sebagai berikut : 
1) Tidak berbau (terutama untuk H2S dan amoniak )
2) Tidak berdebu atau berasap/berasap (kadar debu kurang dari 0,26mg/m3)
3) Mempunyai suhu 18-28 derajat celcius
4) Mempunyai kelembaban 40-70%
5) Tidak terdapat kuman alpha streptococcous haemoliticus dan kuman pathogen 
6) Kadar gas beracun tidak melebihi nilai ambang batas 
No.
Jenis Kegiatan
Tingkat Kebisingan (dBA)
Keterangan
1.
Tidur
< 40
2.
Kantor 
< 75
3.
Dapur
< 80
4.
Pertujukaan 
< 90
Maks.  pemaparan 8 jam

2. Khusus
a. Kamar Tidur 
1) Dinding, pintu dan jendela kamar tidur yang tembus pandang harus dilengkapi dengan tirai yang tidak tembus sinar dari luar.
2) Perbandingan jumlah tempat tidur “Single” (untuk satu orang dengan luas lantai kamar tidur, sebagaimana tercantum dalam table berikut :
No.
Jumlah Tempat Tidur
Luas Lantai Minimal (m2)
1.
2.
3.
4.
5.
1
2
3
4
5
4,5
8
12
17
20
Setiap penambahan satu tempat tidur harus ditambah 5 m2

b. Ruang Istirahat Karyawan 
1) Ruang karyawan wanita harus terpisah dengan  ruang karyawan pria
2) Tersedia lemari (locker) yang aman untuk penyimpanan pakaian karyawan sesuai dengan kebutuhan 
3) Dilengkapi dengan kamar mandi, jamban dan peturasaan yang terpisah antara pria dan wanita
4) Perbandingan jumlah karyawan dengan jumlah kamar mandi, jumlah jamban dan jumlah peturasaan
c. Ruang Pengelolaan Makanan dan Minuman 
Harus mempunyai persyaratan kesehatan sesuai dengan ketentuan Perundang-undanagan yang berlaku
d. Ruang Cuci
Tidak memungkinkan tercampurnya lener bersih dan kotor 
e. Gudang
1) Gudang untuk menyimpan bahan makanan, bahan berbahaya, alat kantor, alat rumah tangga dll harus terpisah
2) Gudang untuk menyimpan bahan makanan dan bahan berbahaya harus memenuhi persyaratan kesehatan sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku
3) Dilengkapi rak – rak dengan tinggi minimal 20 cm dari lantai dan tangga serta peralatan lain sesuai dengan kebutuhan
J. Persyaratan Kesehatan Fasilitas Hotel 
1. Penyediaan air
a. Tersedia air dengan kualitas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku
b. Kapasitas air harus memenuhi persyaratan yang berlaku
c. Air tersedia pada setiap tempat kegiatan secara berkesinambungan
d. Distribusi air di hotel harus menggunakan system perpipaan dan mengalir dengan tekanan positif serta terhindar dari cemaran silang.
2. Pembuangan Air Limbah
a. SPAL harus menggunakan system tertutup, kedap air, dan air dapat mengalir dengan lancer
b. Tiap air limbah harus diolah sehingga mutu effluent sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku
3. Toilet dan Kamar Mandi
a. Di dalam toilet harus tersedia jamban, peturasan, dan tempat cuci tangan
b. Harus selalu dalam keadaan bersih
c. Lantai terbuat dari bahan yang kuat, kedap air, tidak licin, dan mudah dibersihkan
d. Dilengkapi dengan penahan bau( bowl atau leher angsa )
e. Letaknya tidak berhubungan langsung ( harus terdapat ruang antara ) dengan tempat pengelolaan makanan, kamar tamu, dan kamar tidur
f. Toilet wanita harus terpisah dengan toilet pria
g. Toilet tenaga kerja harus terpisah dengan toilet pengunjung
h. Tersedia kaca rias, tempat sampah, tempat abu rokok, tissue, gantungan baju, pengharum ruangan, ember, dan alat pengering tangan
i. Harus dilengkapi dengan tanda – tanda sanitasi yang berisi pesan mengenai kebersihan / kesehatan
j. Setiap kamar tidur harus dilengkapi dengan kamar mandi dan jamban.
4. Tempat Sampah
a. Harus terbuat dari bahan yang kuat, cukup ringan, tahan karat, kedap air dan mempunyai permukaan halus bagian dalamnya
b. Mempunyai tutup yang mudah dibuka atau ditutup tanpa mengatori tangan
c. Mudah diisi dan dikosongkan
d. Jumlah dan volume tempat sampah disesuaikan dengan produksi sampah yang dihasilkan pad setiap tempat kegiatan
e. Sampah dari setiap ruangan harus dibuang setiap hari
f. Harus tersedia TPS 
g. TPS harus terletak di tempat yang mudah dijangkau oleh kendaraan pengangkut sampah dan minimal setiap 3 kali 24 jam harus dikosongkan
h. Peralatan Pencegah Masuknya Serangga
i. Sarana penyimpanan air harus tertutup dan bebas jentik nyamuk
j. Pada titik tembus pipa dengan dinding harus rapat
k. Setiap bangunan hotel harus dilengkapi dengan alat yang dapat mencegah masuknya serangga dan tikus
K. Pengertian Tempat-Tempat Umum
Sanitasi memegang peranan yang penting dalam pembangunan kesehatan, salah satunya adalah lingkungan tempat-tempat umum. Adapun ppengertian dari tempat-tempat umu adalah :
“Tempat kegiatan bagi umum yang dilakukan oleh badan-badan pemerintah, swasta, maupun perorangan yang berlangsung digunakan oleh masyarakat yang mempunyai tempat dan kegiatan tetap serta memiliki fasilitas”. (DEPKES RI, Persyaratan Tempat-Tempat Umum, 1985: 2)
L. Pengertian Hygiene Sanitasi Lingkungan
Lingkungan tempat-tempat umum sangat besar peranannya dalam penularan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan manusia apabila sanitasinya tidak baik. Untuk itu perlu dilakukan pengawasan terhadap lingkungan, salah satunya dengan cara diadakan usaha hygiene dan sanitasi lingkungan.   
Adapun pengertian hygiene dan sanitasi lingkungan adalah:
Hygiene dan sanitasi lingkungan adalah pengawasan lingkuang fisik, biologis ,social dan ekonomi yang mempengaruhi kesehatan manusia, dimana lingkungan yang berguna ditingkatkan dan diperbanyak sedangkan yang merugikan diperbaiki atau dihilangkan”. (Entjang, Ilmu Kesehatan Masyarakat, 1976: 35)
M. Cara-cara Penularan Penyakit
Bibit penyakit dapat menular (berpindah) dengan cara-cara :
1. Melalui kontak jasmaniah (personal contact)
a. Kontak langsung (direct contact)
Bibit penyakit menular karena kontak badan dengan badan, antara penderita dengan orang yang ditulari. Misalnya cara penularan penyakit kelamin, penyakit kulit dan sebagainya.
b. Kontak tak langsung (indirect contact)
Bibit penyakit menular dengan perantaraan benda-benda terkontaminasi karena telah berhubungan dengan penderita. Misalnya melalui handuk, pakaian, sapu-tangan dan sebagainya.
2. Melalui makanan dan minuman (food borne infection) 
Bibit penyakit menular dengan perantaraan makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit-penyakit menular dengan cara ini terutama penyakit-penyakit saluran pencernaan makanan seperti : Cholera, Typus abdominalis, Poliomyelitis, Dysentri, Hepatitisinfectiosa, penyakit-penyakit cacing.
Di Negara-negara dimana masih banyak orang yang menggunakan air yang tidak memenuhi syarat kesehatan untuk keperluan rumah tangga, penyakit-penyakit tersebut seringkali menular melalui air. Karena itu penyakit-penyakit ini dinamakan juga “water borne diseases”.
3. Melalui serangga (Arthropod borne infections)
Bibit penyakit menular dengan perantaraan serangga (anthropoda- insecta)Dalam hal ini, serangganya pun dapat merupakan hospes dari parasitnya ataupun hanya sebagai transmitter saja. Misalnya :
a. Malaria disebabkan oleh Plasmodium sp., ditularkan oleh nyamuk Anopheles sp.
b. Demam berdarah (dengue haemorrhagic fever) disebabkan oleh virus, ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti.
c. Yellow fever (demam kuning) disebabkan oleh virus ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti.
d. Elephantiasis (filariasis) yang disebabkan oleh cacing Filaria bancrofti atau Filaria malayi,ditularkan oleh nyamuk Culex fatigans.
e. Penyakit-penyakit saluran pencernaan makanan dan minuman dapat ditularkan oleh lalat, karena lalat tersebut memindahkan bibit penyakitnya dari faeces (kotoran) penderita ke makanan ataupun alat-alat makan.
4.   Melalui udara (air borne infections)
Penyakit-penyakit yang menular secara ini terutama penyakit saluran pernapasan. Melalui debu-debu di udara yang mengandung bibit penyakitnya, misalnya penularan penyakit Tuberculosa.
5. Melalui tetes ludah halus (droplet infections)
Bibit penyakit menular dengan perantaraan percikan ludah pada waktu penderita batuk atau bercakap-cakap. Misalnya cara penularan penyakit Diphtheri, Pertussis. 

Semoga bermanfaat, mohon dengan bijak menggunakannya. Pahamilah, Ilmu bukan hanya sekedar cut copy tapi lebih dari itu. Hargailah hidupmu............cayooooo :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PARASITOLOGI

Pencemaran Udara Secara Fisik